Minggu, 13 April 2014

Epilepsi atau Kesurupan?????

Cara Mengenali Penderita Epilepsi

Banyak orang yang kurang informasi mengenai penyakit yang satu ini. kurangnya informasi serta kentalnya anggapan anggapan tidak maju yang memicu penyebab utama dikaitkannya epilepsi dengan kesurupan (masuknya makhluk gaib dalam tubuh manusia).
Ayan atau epilepsi adalah penyakit saraf menahun yang menimbulkan serangan mendadak berulang-ulang tak beralasan. Kata 'epilepsi' berasal dari bahasa Yunani (Epilepsia) yang berarti 'serangan'.
Cara mengenali penyakit Epilepsi, sebagai berikut:
  •  Tatapan Mata Kosong
Apabila mendadak berhenti beraktivitas dan menatap dengan tatapan mata yang kosong seperti melamun. Gejala ini disebut sebagai kejang petit mal(petit mal seizure)

Lengan atau kepala mungkin akan tampak lemas lunglai, namun kejang jenis ini biasanya tidak akan menyebabkan sampai terjatuh kebawah atau kehilangan kesadaran.

Setelah sampai 30 detik sampai satu menit kejang biasanya akan berakhir, setelah itu biasanya tidak tau apa yang telah dialaminya. 

  • Kejang Total (Total Convulsions)
Kejang grand mal(grand mal seizures) adalah pemicu kejang total tubuh. Jenis kejang ini adalah kejang paling serius karena Kejang total akan menyebabkan anak sampai terjatuh ketanah dan kehilangan kesadaran.

Kejang total biasanya berlangsung dua atau sampai lima menit. Saat kejang berlangsung tubuh akan kaku dan bergetar tidak terkendali.

akan kehilangan kontrol kandung kemihnya sehingga bisa keluar air seni tanpa disadari dan alir liur juga akan keluar disertai bola mata yang memutar kebelakag. Setelah kejang berakhir, tidak menyadari apa yang terjadi seperti  yang kebingungan selama beberapa menit, tenaganya akan melemas dan otot terasa sakit sehingga mungkin akan tertidur sampai waktu yang lama. 
  • Kedutan (Twitching)
Kedutan biasanya akan bersifat lokal, kemungkinan akan dimulai dari satu jari atau telapak tangan kemudian akan semakin menjalar hingga kelengan kemudian menyebar sampai separuh atau keseluruh bagian tubuh menjadi berkedut. Biasanya dalam gejala ini sebagian tetap sadar dan ada juga yang tidak sadar.
 
  • Aura
Aura dianggap sebagian tanda peringatan. Aura terjadi sesaat sebelum kejang berlangsung. Sebuah aura dapat menyebabkan secara mendadak akan merasa kesakitan tanpa ada penyebab yang jelas, mendengar suara atau bisikan yang tidak nyata dan mencium bau yang tidak ada sumbernya.

Penyebab Epilepsi sendiri yaitu:
  1. Trauma yang dapat mengakibatkan cidera pada otak
  2. Infeksi Otak atau Selaput Otak yang diakibatkan bakteri atau viris
  3. Tumor Otak
  4. Kelainan Pembuluh darah
  5. Gangguan keseimbangan hormon
  6. Degenerasi Otak dsb.
  7. Stress pada ibu hamil yang mengakibatkan stress pada anak/janin sehingga berkemungkinan anak dapat menderita epilepsi
 

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar